Mengenal 8 Kampus Terbaik di Korea Selatan Tahun 2024 Versi QS WUR

UNISA Untuk kamu yang terinspirasi oleh kecerdasan dari para peserta variety show university war, mungkin kamu juga akan tertarik untuk mengikuti jejak mereka juga dengan mencari ilmu atau menuntut ilmu di korea selatan. 

Deretan 8 Kampus Terbaik di Korsel 

Kalian semua penasaran sama kampus terbaik di negeri ginseng atau korea selatan itu ? Berikut ini adalah daftar beberapa kampus terbaik di korsel yaitu : 

Seoul National University

Apakah kamu tahu kalau SNU adalah salah satu kampus yang paling sulit ditembus di dunia , faktanya masuk ke kampus SNU ini memang jauh lebih sulit dibandingkan dengan masuk ke kampus top di amerika serikat. Sistem seleksinya juga menggunakan acuan utama pada prestasi akademik calon mahasiswa. Dulu saat seorang pelamar hanya diperbolehkan mendaftar ke satu kampus saja, lebih dari 80% siswa dengan nilai yang terbaik mendaftar ke kampus ini dan tidak sedikit juga yang lolos tes.

Korea Advanced Institute of Science And Technology

Jika kamu mempunyai keinginan kuliah di bidang sain dan teknologi di korea. Kampus ini yang cocok masuk ke dalam list daftar kampus impianmu . Kampus ini adalah sebagai kampus institusi penelitian sains serta teknik pertama di korea selatan. Kampus ini juga sudah lama menjadi incaran para calon mahasiswa yang berkeinginan memperdalam ilmunya di bidang teknologi

Yonsei University

Pada tahun ini , kampus Yonsei ini telah berhasil meraih peringkat sebagai kampus terbaik ke 76 di dunia menurut QS WUR. Sebagai lembaga pendidikan di barat pertama di korea selatan. Yonsei ini dikenal karena konsisten menjadi satu dari tiga kampus unggulan di korea selatan yang dikenal dengan istilah SKY. Tentunya tingkat persaingan yang terdapat pada kampus ini juga sangat ketat

Korea University

Kampus ini dibangun pada tahun 1905 dan saat ini dikenal sebagai salah satu kampus tertua di korea selatan yang masih beroperasi atau masih aktif. Pada tahun ini , Korea University telah berhasil meraih peringkat terbaik ke 79 di dunia. Tak heran juga jika kampus ini selalu menarik minat mahasiswa lokal hingga international untuk mengikuti seleksi penerimaan di kampus tersebut.

Pohang University of Science And Technology

Kampus pohang atau biasa disebut POSTECH adalah salah satu kampus termuda disini. yang berdiri pada tahun 1986 oleh POSCO, perusahaan baja terkenal di dunia. POSTECH ini konsiten untuk menjadikan dirinya sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di korea selatan. pada tahun ini kampus POSTECH memasuki peringkat 100 di dunia

Sungkyunkwan University

Jika kamu mempunyai keinginan untuk belajar sastra, kebudayaan atau ilmu sosial lainnya, kamu dapat mempertimbangkan kampus ini untuk menjadi pilihanmu. SKKU sendiri merupakan kampus tertua di asia timur yang sudah ada lebih dari enam abad, tepat nya sejak awal dinasti joseon pada tahun 1398. Meski begitu kampus ini sudah memiliki sejarah yang panjang pada dunia pendidikan. QS menempatkan SKKU sebagai kampus terbaik ke 145 di dunia.

Hanyang University

Kampus hanyang ini merupakan universitas swasta yang telah di bangun pada tahun 1939 dan telah dikenal sebagai institusi pertama di korea selatan dan juga memiliki programs studi teknik dan arsitektur selain di seoul, Kampus ini juga mempunyai kampus kampus pada cabang ansan. Pada tahun ini QS WUR telah menempatkan kampus ini sebagai peringkat ke 164 di terbaik sedunia

Ulsan National Institute of Science And Technology

 

Universitas Sains dan Teknologi Ulsan (UNIST) adalah universitas negeri di Korea Selatan yang berfokus pada penelitian di bidang sains dan teknologi. Didirikan pada tahun 2007, universitas ini masih tergolong baru, namun berhasil masuk ke dalam 10 besar universitas terbaik di Korea Selatan. Bahkan, pada tahun 2024, QS WUR menobatkan UNIST sebagai universitas terbaik ke-266 di dunia.