Definisi, Kegunaan dan Cara Menggunakan Primer Makeup

Apakah kamu sudah menggunakan primer makeup sebelum mulai merias wajah? Jika sudah, berarti kamu sudah memahami manfaat primer untuk selalu menggunakannya sebagai langkah awal merias wajah.

 

Namun, apabila belum, sudah saatnya kamu mempelajari tentang makeup product satu ini. Di bawah ini Buttonscarves Beauty telah mengulas tentang definisi primer, kegunaan, hingga cara memakainya. Yuk, disimak!

 

Apa itu Primer Makeup?

Face primer makeup

 

Primer makeup adalah produk base makeup yang digunakan untuk membuat pengaplikasian produk makeup yang dilakukan setelahnya menjadi lebih optimal. Pada dasarnya, primer makeup tidak hanya untuk kulit wajah saja, namun juga ada eye primer, lash primer, dan lip primer. Tapi memang jika berbicara primer makeup, maka kebanyakan orang akan mengacu ke face primer. Lalu, apa itu pinjam face primer?

 

Kegunaan Face Primer

Face primer dapat membuat pemakaian makeup setelahnya jadi lebih sempurna, karena penggunaan face primer dapat mengisi celah-celah di kulit lalu membentuk semacam lapisan di permukaan kulit. Dengan cara ini, face primer dapat membantu menghaluskan tekstur kulit yang kasar, menyamarkan pori-pori wajah serta memudarkan tampilan garis-garis halus.

 

Saat kulit wajahmu dalam kondisi baik, tentunya produk-produk makeup jadi bisa diaplikasikan dengan mudah, menempel dengan baik, dan warna kulit jadi tampak merata. Kamu pun akan terhindar dari masalah makeup luntur, creasing, atau produk makeup tidak menempel.

 

Bukan hanya itu saja, adanya lapisan yang terbentuk dari aplikasi primer membuat kulit wajah kamu jadi tidak bersentuhan langsung dengan makeup. Pada kulit berminyak, ini sangat bermanfaat karena minyak berlebih dari kulit wajah tidak langsung menyentuh foundation sehingga kulit wajah kamu tidak cepat berminyak. Sedangkan pada kulit wajah sensitif, kulit jadi terhindar dari risiko iritasi akibat makeup.

 

Cara Memakai Primer yang Tepat

cara memakai primer dengan tepat

 

Setelah kamu mengetahui apa itu primer dan kegunaannya, berikut adalah cara pengaplikasian primer yang tepat:

 

1. Pilih jenis primer yang sesuai dengan kebutuhan kulit

Sebelum mengaplikasikan face primer ke wajah, pastikan kamu memilih jenis face primer yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Penggunaan face primer dengan fungsi yang tepat tentunya dapat membuat makeup jadi lebih maksimal. 

 

Misalnya, kamu dapat memilih hydrating primer untuk melembapkan, mattifying primer untuk mengontrol minyak di wajah, blurring primer untuk menyamarkan pori-pori, atau correcting primer untuk menyeimbangkan warna kulit wajah. 

 

2. Bersihkan wajah dan aplikasikan skincare

Langkah selanjutnya ialah persiapkan kulit wajah. Bersihkan wajah menggunakan sabun cuci muka sebelum menggunakan primer. Setelah wajah sudah dipastikan dalam keadaan bersih, kamu bisa mengaplikasikan skincare, seperti toner, serum, hingga pelembab wajah.

 

Setiap pengaplikasian produk skincare tersebut tunggu jeda beberapa menit agar produk dapat meresap sempurna ke dalam kulit. 

 

3. Aplikasikan primer menggunakan jari

Berbeda dengan foundation atau concealer, primer makeup paling pas diaplikasikan menggunakan jari. Apabila kamu menggunakan kuas atau spons untuk mengaplikasikan primer, produk dapat tidak menempel sempurna di wajah. Selain itu, produk juga akan banyak terbuang karena menempel di kuas atau spons. Itulah mengapa mengaplikasikan primer dengan jari dapat jadi opsi yang lebih baik.

 

Mengaplikasikan primer makeup dengan jari memungkinkan kamu untuk mengontrol seberapa banyak produk yang akan diaplikasikan di daerah tertentu, seperti pipi atau dahi. Sebaiknya aplikasikan face primer secukupnya saja secara tipis-tipis. 

 

Gunakan gerakan menepuk dan menekan perlahan saat kamu mengaplikasikan primer. Tekanan lembut menggunakan jari akan membuat aplikasi primer lebih merata dan meresap sempurna ke kulit sehingga daerah yang ingin diisi dengan primer terlapisi dengan baik.

 

4. Tunggu sampai menyerap

Kesalahan yang sering dibuat dalam mengaplikasikan primer terkadang adalah langsung mengaplikasikan foundation setelahnya. Hal tersebut perlu dihindari ya, ladies. Primer yang belum menyerap akan membuat foundation menggumpal dan patchy. 

 

Sebaiknya tunggu dulu beberapa menit sampai primer benar-benar menyerap dengan baik, baru bisa dilanjutkan ke tahap makeup selanjutnya yang ingin digunakan.

 

Baca Juga: Tutorial Make Up Flawless yang Natural untuk Pemula

 

Face Primer dari Buttonscarves Beauty

Buttonscarves Beauty memiliki koleksi face primer yang dapat kamu pakai untuk makeup sehari-hari:

 

Miracle Cooling Filter Primer

cooling primer dari Buttonscarves Beauty

 

Buttonscarves Beauty Miracle Cooling Filter Primer 

 

Apabila kamu sedang mencari produk primer yang bagus, Buttonscarves Beauty menghadirkan Miracle Cooling Filter Primer yang dapat jadi base makeup untuk mendapatkan hasil riasan yang tahan lama. Primer dari Buttonscarves Beauty juga dapat menciptakan face-look yang cantik alami bebas kilap, jadi akan sangat mendukung kamu untuk tampil flawless.  

 

Fine Blurring Mattifying Primer

Mattifying primer buttonscarves beauty

 

Buttonscarves Beauty Fine Blurring Mattifying Primer

 

Selain Miracle Cooling Filter Primer, Buttonscarves Beauty juga menghadirkan Fine Blurring Mattifying Primer. Face primer ini hadir dengan formula yang dapat menyamarkan pori-pori dan mengontrol minyak berlebih secara instan untuk hasil matte yang tahan lama. Diaplikasikan dengan lembut dan ringan di kulit, Fine Blurring Mattifying Primer ini dapat memberikan tampilan kulit alami yang sehat dengan kandungan UV protection-nya.